New Version vs Old Version

Hal ini pun dijelaskan oleh Jasin Jazid, Plant Division PT MMI bahwa perubahan mesin Megelli 250 dari New Version ke frame bodi Megelli 250R Old Version memang tidak bisa dilakukan.
Nah, jika anda mau membandingkan detail spek Megelli 250 antara New Version dengan Old Version, yang paling penting dilihat adalah bagian mesinnya. Yang pasti Megelli 250 New Version sudah dilengkapi dengan radiator yang berfungsi sebagai pendingin mesin, sedangkan Old Version belum tersedia radiator.
Megelli 250R | New Version 2010 | Old Version 2009 |
Engine: | 4 Strokes, Liquid Cooled | 4 Strokes |
Cylinder: | Single, 4 Valve | Single, 2 Valve |
Displacement (cc): | 249.6 | 247 |
Compression Ratio: | 11.5 : 1 | 11.2 : 1 |
Max Power (hp/rpm): | 26/8500 | 20.5/8500 |
Max Torque (N.m./rpm): | 22.8/7000 | 18/8000 |
Maksimum Speed 157 Km/jam?

SL.com menjajal motor Megelli 250RE dalam group ke-tiga, bersama-sama dengan 3 blogger lainnya, antara lain Bro Adhi Nugroho, dan Bro Edo Rusyanto, Bro Taufik Hidayat. Sayang,Bro Triatmono tidak hadir, padahal namanya sudah disiapkan dalam group ke-tiga ini. Akhirnya, pihak panitia menggantikan Bro Triatmono dengan salah satu wartawan (unknown name) dari sebuah media cetak. Wah.. kalau tidak bisa seru balapan diantara blogger KoBOI. 

Kami semua dilengkapi dengan perlengkapan balap motor, lagi sayang bagi SL.com tidak bisa mengenakan wear-pack racing Minerva yang sudah disediakan oleh panitia karena ukuran XL masih dirasakan sempit, dan tidak bisa masuk ke badan. Akhirnya SL.com hanya mengenakan jaket Minerva dan protektor pada bagian lutut. Pada bagian pertama ini, SL.com juga mencoba sepatu balap yang disediakan oleh pantitia warna merah.

Soal catatan kecepatan ini, bisa dilihat melalui instrumen speedometer Koso yang terpasang pada motor Megelli 250R New Version dimana alat ini memiliki memory maximum speed. Artinya, alat ini bisa merekam kecepatan maksimum. Selanjutnya, siapa yang bisa melewati angka tersebut maka secara otomatis akan menghapus angka lama, dan merekam angka terbaru (yang lebih tinggi lagi).

Maximum Speed Masih Tanda Tanya
Apapun hasilnya, khususnya soal kecepatan tersebut diatas, sebenarnya masih ada rasa penasaran yang cukup mendalam bagi SL.com dan penuh tanda-tanya. Kenapa?
Untuk lebih objektif seharusnya panitia menyediakan alat tambahan untuk mengukur kecepatan, agar ini bisa dibuktikan bahwa kecepatan yang sudah ditempuh adalah benar, atau plus-minus mendekati sama. Namun demikian, pada prinsipnya SL.com sudah menggeber habis motor Megelli 250RE ini diarena balap Sentul yang punya trek lurus didepan podium.
Baik motor warna kuning dan warna putih Megelli 250 RE, keduanya sudah digas habis-habisan tapi tidak bisa tembus diatas angka 150 km/jam. Yang pasti ada kenikmatan tersendiri merasakan sensasi disetiap tikungan Sentul, motor ini sangat stabil.
Rasanya tak berlebihan jika PT MMI layak untuk ikut balapan, memiliki tim balap Megelli dan mekanik yang dapat mengangkat citra motor ini sebagai motor balap. Just for your info, dalam uji coba kemarin, motor yang dipakai oleh setiap peserta masih dalam kondisi standar, belum disetting sebagai motor balap.
