New Media Theory
21.16
New
Media Theory
Teori
new media adalah teori yang dikemukakan oleh piere levy pada tahun 1990-an ,
dimana teori ini membahas mengenai perkembangan media dari media elektronik
sampai menjadi Internet , pada teori ini ada 2 interaksi yang dibahas , yaitu pendekatan
interaksi tatap muka dan pendekatan interaksi sosial , yang lebih dominan
adalah interaksi sosial ketimbang interaksi tatap muka.
Di
dalam teori ini terdapat yang namanya Digitalisasi dan Konvergensi media , yang
dimaksud digitalisasi adalah , pengkonvertan bentuk – bentuk media lama ,
menjadi bentuk media baru “ dalam hal ini menjadi bentuk internet “ . Sedangkan
Konvergensi media adalah New media merupakan gabungan dari berbagai jenis media
, seperti televisi, koran,majalah,film, dan lainnya menjadi satu dan kita dapat
merasakannya melalui internet.
Dalam
sejarah pierre levy pertama kali melihat internet pada tahun 1990 yang pada
saat itu sedang berkembang internet ver 1.0 sebagai media informasi yang
informativ dan fleksibel dimana kita bisa mendapatkan informasi yang kita inginkan
dan dapat mengembangkan orientasi ilmu pengetahuan melalui itu , intinya
internet pada saat itu hanya dapat memberikan informasi saja “ satu arah “
sebagai Konsumen dan akhirnya
Pada
tahun 2000-an internet terus berkembang dan dinamakan sebagai internet ver 2.0
dimana informasi disini bisa dilakukan dengan “ 2 arah “ kita bisa mendapatkan
informasi disana tetapi kita juga bisa membuat informasi disana . ata dengan
kata lain kita adalah Produsen sekalian Konsumen
Internet
sangat penting dikemangkan kedepan karena kegunaannya yang sangat besar
mencakup berbagai bidang dan juga kemampuannya yang dapat memcatat, mengcoding,
menjawab, dan melakukan hal lainnya yang sangat membantu bagi orang banyak
sangat dibutuhkan sebagai salah satu kebutuhan pokok bagi kita di masa
mendatang , namun kebutuhan akan kecepatan yang sangat besar pada saat ini
menjadi penghalang bagi kebanyakan penduduk di pelosok yang banyak masih belum
bisa merasakan apa itu internet.
Contoh
kasus dari New media adalah “ Bagaimana new media membuat gerakan sosial “
Hastag
Internet positif yang dilakukan oleh Eno Bening Swara dimana setiap didalam
videonya yang diupload melalui youtube , dia Selalu menyebarkan info – info yang
menarik dan mendidik bagi setiap orang yang menonton videonya , di setiap akhir
video dia Selalu mengajak para penonton untuk ikut serta dalam menyebarkan
videonya dan juga membuat konten yang “postitiv “ seperti dirinya , dengan hal
itu banyak dari teman teman yang menonton ikut serta menyebarkan videnya , bisa
dilihat di youtube dengan keyword #internetpositiv
Contoh
penggunaan New media adalah :
Pengunaan
Internet sendiri dimana didalamnya banyak gabungan dari berbagai bentuk media
lama , TV , radio , Film , majalah , koran dan lainnya dimana kita dapat
merasakannya sekaligus tanpa harus “ membeli “ sekaligus hanya untuk menikmati
itu.